Prasasti Sendang Kamal

Nama Lain: Prasasti Kawambang Kulwan

Lokasi: Dusun Sendang Kamal, Desa Kraton, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan

Keadaan Umum:

  • Prasasti Sendang Kamal terdiri atas 4 buah prasasti. Dua buah prasasti masih dapat dibaca pada baris-baris awal, sedangkan dua lainnya telah aus. Sebuah prasasti tersimpan di Museum Nasional dengan nomor D.37, dikenal dengan Prasasti Kawambang Kulwan. Tiga prasasti lainnya terletak di selatan sendang (sumber air) di Dusun Sendang Kamal.
  • Huruf yang dipahatkan pada Prasasti Kawambang Kulwan terdapat di seluruh sisi dengan huruf dan bahasa Jawa kuna. Pada bagian bawah prasasti dihiasi dengan pahatan bunga padma. Prasasti ini telah dibaca oleh J.L.A. Brandes walaupun hanya 12 baris bagian awal pada sisi depan.

Sejarah:

  • Sekitar 70 tahun setelah masa pemerintahan Pu Sindok dari Mataram Kuno (Medang), diantara kurun waktu tersebut tidak didapat informasi mengenai pemerintahan raja-raja hingga munculnya pemerintahan Raja Airlangga. Prasasti Kawambang Kulwan berada di kurun waktu yang kosong itu, dengan angka tahun 913 S. Walaupun nama raja pada prasasti ini tidak terbaca tetapi dari angka tahun dan sumber data lain yang mendukung seperti kitab Wirataparwa yang ditulis tahun 918 S menyebut diantara tahun tersebut diperintah oleh Raja Dharmmawangsa Teguh.
  • Informasi yang didapat pada prasasti Kawambang Kulwan adalah berupa penetapan sima di desa Kawambang Kulwan yang berupa sima swatantra dari sri maharaja (Dharmmawangsa Teguh) yang diteruskan oleh Pu Dharmmasanggramawikranta dan diterima oleh Samgat Kanuruhan Pu Burung tentang pendirian bangunan suci untuk dewa Siwa dan adanya ajaran kitab Siwasasana. Upacara tersebut dihadiri oleh para samgat dari berbagai daerah di sekitar desa Kawambang Kulwan. Prasasti berhenti pada bagian pemberian hadiah, tidak tertutup kemungkinan terdapat kelanjutan dari isi prasasti ini di bagian batu yang lain.

Mitos:

Corak Keagamaan: Hindu Siwaisme

Fasilitas:

Tiket Masuk:

Pengambilan Data: Agustus 2011

Sumber:

  • Edwinsyah, , 2003, Prasasti Kawambang Kulwan 913 S

Galeri Foto:

12 thoughts on “Prasasti Sendang Kamal

  1. Sudah dipasang gal ^^b
    Sorry agak lama,

    eh, kapan2 kita2 diajak jelajah Magetan donk
    Maklum, belum pernah menginjakkan kaki disini, cuma numpang lewat ^^

    • hehe..πŸ˜€ ga apa mas pein.. makasih banyak lho…
      oke mas pein.. besok desemberan tak hubungin pas ke magetan.. disana asik, masih banyak tempat-tempat seru yang belum terungkap..

  2. .sendang kamal..tepatnya..terletak di ” dukuh sumber ” (sekarang ” kraton timur ” ), kel. kraton, kec. maospati, kab. magetan..itu dekat rumah saya..

  3. tanggal 29 april 2012 jam 15.00, kami MPC mau hunting foto di sini, dengan seting Performance Art dan foto model. kalau ada yang mau gabung dipersilahkan, trims.
    magetan indah πŸ™‚

  4. ijin copas, untuk di bagikan gratis, tetap kami cantumkan sumbernya dari sini. trims . semoga berguna untuk masyarakat luas dan sukses buat anda. salam , MPC. Magetan Photography Club.

  5. pakde,aku seneng bgt lo kraton msk internet,aku jg lahir disana (RT 1).Jare dulu ada kraton betulan disana . Gimana tuh sejarahnya?ksh tau dong, sejarah kerajaan maospati.Silsilahnya gmn gitu. Oya, mh ijin mungkin suatu saat sy share info soal sendang kamal,tp tetap sy tulis sumbernya .Mtr nwn

  6. Infonya bermanfaat banget, Pak Dhe tap saya pengen tahu sejarah desa maospati,,, mohon diposting ya!!!,,,,
    Soalnya kata siMbah saya, dahulu kala blakang rumah saya itu sebuah kerajaan,, kalau sekarang orang menyebutnya “NGEGEDONG”, saya bener2 pengen tahu tuh bagaimana sejarahnya….
    Mataur Nuwun…..πŸ˜€

    • waduh jangan dipanggil pak dhe mbak.. cah cilik aku heheheπŸ˜€
      oiya rumah sampean sebelah mana?? ntar tak carine info tentang Ngegedong
      kalau sejarahnya, maospati memang pernah dijadikan kadipaten oleh belanda. itu terjadi pada tahun 1830. saat itu magetan dibagi menjadi 7 kadipaten, salah satunya maospati. adipatinya adalah R.T. Yudaprawiro. tahun 1880 kadipaten maospati dihapuskan dan bergabung kembali dengan magetan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s